Minggu, 10 September 2023

Variegrow Apresiasi Program Petani Milenial Jabar

Kendal – Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) asal Kabupaten Kendal yang bergerak di sektor agribisnis, bernama Variegrow (PT. Variegrow Inovasi Pertanian) mengapresiasi “Program Petani Milenial” yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar). Program Petani Milenial Pemprov Jabar ini harapannya dapat menginspirasi berbagai provinsi lain di Indonesia agar dapat mengadopsi program ini.

Seperti diketahui, Program Petani Milenial Jabar ini merupakan sebuah program pengembangan wirausaha tani yang melibatkan petani-petani muda di bidang pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan dan kehutanan serta korporasi serta para pemangku kepentingan lain agar terciptanya ekosistem pertanian yang mandiri, maju dan berkelanjutan. Tujuan dari Program Petani Milenial adalah pertama, sebagai salah satu upaya pemulihan perekonomian masyarakat di bidang pertanian. Kedua, untuk menumbuhkembangkan semangat kewirausahaan di bidang usaha pertanian di kalangan generasi muda (milenial).

Ketiga, untuk meningkatkan produksi pangan, hortikultura dan peternakan. Keempat, upaya menanggulangi pengangguran dan penciptaan lapangan kerja. Kelima sebagai salah satu upaya untuk memajukan budidaya pertanian di Jawa Barat.

Saya selaku pengusaha di sektor pertanian tentunya sangat mengapresiasi Program Petani Milenial Jabar yang sudah berjalan selama tiga tahun ini. Harapannya, program ini dapat menginspirasi wilayah lain untuk mengadopsi program serupa. Kita tahu bahwa Indonesia membutuhkan regenerasi petani muda yang inovatif, modern dan mampu menyelesaikan permasalahan pertanian di daerahnya masing-masing ataupun nasional,” kata Direktur PT. Variegrow Inovasi Pertanian (Variegrow), Dani Satria di Kendal, Jawa Tengah, Sabtu (09/09/2023).

Dani berharap, Program Petani Milenial tersebut terus berkelanjutan di masa depan dengan evaluasi serta perbaikan kegiatan yang jauh lebih baik. Menurut Dani, program ini dapat menginspirasi generasi muda agar tertarik untuk terjun ke sektor agribisnis. Selain itu, tentu saja muaranya adalah menurunkan tingkat pengangguran terbuka (TPT).

Program ini dapat menjadi solusi pertanian berkelanjutan,” pungkas Dani.

Program Petani Milenial Jabar 2023 memulai pendaftaran dari tanggal 1 – 30 September 2023. Kriteria pendaftar Program Petani Milenial yaitu berusia minimal 19 (sembilan belas) tahun dan berusia maksimal 39 (tiga puluh Sembilan) tahun, penduduk Jawa Barat dan berdomisili di Jawa Barat, tidak memiliki keterikatan kontrak kerja dan memiliki minat dalam usaha tani (Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perikanan, Kehutanan dan sebagainya). Untuk pendaftarannya dapat dilakukan melalui tautan https://petanimilenial.jabarprov.go.id/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar