Kamis, 02 Agustus 2012

Industri Musik Untuk Kemajuan Bangsa



Berbagai alternatif telah dilakukan agar kegiatan perekonomian dapat berkembang. Mulai dari kegiatan penyuluhan tentang pentingnya wirausaha telah dilakukan agar minat masyarakat bertambah. Akan tetapi, kita seharusnya memberikan solusi yang sekiranya masyarakat menyukai untuk melakukan wirausaha. Dengan demikian, pilihan usaha akan jatuh pada hobi yang masyarakat sukai dan saat ini berkembang serta sangat digandrungi.

Alternatif usaha yang dapat ditawarkan adalah industri musik. Menjamurnya tayangan televisi yang memuat acara musik menandakan antusiasme masyarakat terhadap dunia olah nada ini. Sebagai contoh, pada acara pagi hari ada sebuah tayangan yang menampilkan berbagai macam musik populer saat ini. Acara DahSyat contohnya, mendapatkan sedotan pemirsa yang luar biasa yang saat ini sudah bertahan lebih dari tiga tahun. Jika masyarakat sangat menggandrungi acara ini, menandakan bahwa permintaan akan industri musik populer sangatlah besar. Maka dari itu perlu adanya sumber daya yang akan terus mengembangkan musik populer ini.

Apabila dalam masyarakat tidak melihat musik populer sebagai bidang yang menarik untuk digeluti, masih ada alternatif lain dalam bermusik. Musik indie adalah musik yang menampilkan dari scene non populer dan lebih terkenal bagi komunitasnya saja. Saat ini, scene indie memuat berbagai unsur wirausaha yang baik. Mulai dari usaha mendirikan merchandise center yang dapat menunjang penjualan musik mereka selain manggung. Sebagai contoh antusias besar musik indie yang saat ini secara blak-blakan dipasarkan di stasiun televisi komersil antara lain RadioShow.

Dengan adanya RadioShow ini menandakan bahwa tidak hanya musik populer yang dapat dikonsumsi oleh khalayak umum. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat sangat menghendaki dan berlomba-lomba untuk mengikuti musik-musik populer dan indie. Hanya saja yang perlu dikembangkan untuk menunjang industri musik ini adalah ketersediaan tempat untuk memproduksi. Seni musik dapat menjadi pondasi perekonomian para remaja dan pemuda. Kita harus sadar dan mengerti keinginan para pemuda, bahwa tidak semua wirausaha adalah berasal dari hal yang itu-itu saja.

Tidak dapar dipungkiri, salah satu modal besar dalam industri kreatif di Indonesia adalah industri musik. Meskipun dengan maraknya fenomena pembajakan, para musisi harus tahan banting. Selain itu pemerintah melindungi karya di industri musik dengan berbagai kewenangannya. Terus berkarya merupakan modal utama untuk kemajuan bangsa Indonesia. Dan musik merupakan salah satu jalan keluarnya.

2 komentar:

  1. Permasalahan nya adalah, anda harus mengerti dahulu hakikat "indie" dan "major"....

    BalasHapus
  2. thanks atas masukannya tuan mbing..benar sekali, saya saja belum bisa membedakan apa indie dan major...kurangnya riset dan diskusi, membuat tulisan ini hanya sebagai analisa normatif saja kali ya dan sangat tidak mendalam..hehehe

    BalasHapus