Rabu, 19 September 2012

Konspirasi Indonesia Menyumabang IMF


Banyak yang menduga bahwa Indonesia menyumbang IMF karena dampak positif nantinya. seperti keuntungan peningkatan perekonomian, kepercayaan negara asing terhadap Indonesia, dan untuk membuat posisi tawar negara Indonesia lebih besar di mata dunia. Akan tetapi, ada juga yang memiliki dugaan-dugaan sumbangan tersebut tidak memperhatikan kondisi masyarakat saat ini. Terutama untuk pendidikan dan ketahanan pangan bangsa saat ini.

Bukan angka yang sedikit jumlah USD 1 Miliar ini, karena jika dialokasikan untuk pembangunan negara terutama pendidikan dan ketahanan pangan akan sangat signifikan. Berbagai ahli yang berpikir untuk perkembangan saat ini, akan setuju bahwa sumbangan tersebut tidaklah penting. Meskipun dana yang disumbangkan ke IMF tidak berasal dari anggaran biaya negara, dengan jumlah yang besar tersebut dapat dialokasikan untuk sektor apa saja. Selain itu, investasi tersebut belum tentu balik modal ke Indonesia kembali, jadi lebih baik untuk sumbangan yang tujuannya hanya membuat posisi tawar Indonesia lebih besar diurungkan saja.

Dalam pandangan pengamat dan ahli perencanaan keuangan negara, sumbangan tersebut penting adanya, karena dengan memeberikan donasi kepada IMF, Indonesia telah membuktikan posisi tawarnya besar di mata dunia. Investasi yang berupa sumbangan IMF memiliki signifikansi yang besar bagi bangsa Indonesia. Menurut perhitungan para ahli yang paham akan hal ini, bisa jadi sumbangan kepada IMF ini merupakan investasi yang menjadi kunci kemajuan Indonesia mendatang.

Meskipun kedua pandangan ini memiliki nilai kontradiktif yang tinggi, bisa dikatakan pendapat ini dikatakan sebagai konspirasi. Apa yang terselubung yang ada dalam maksud sumbangan IMF tersebut tidak bisa kita ketahui secara jelas. Malalui media kita tahu bahwa sekiranya pemerintah memiliki maksid dan tujuan terkait IMF, selain itu untuk pandangan yang melihat pentingnya pembangunan saat ini dan riil sangatmenentang sumbangan tersebut.
Dengan demikian, apapun maksud dan tujuan pemerintah memberikan sumbangan ke IMF buakan berarti semuanya baik atau hal yang buruk. Pemerintah seharusnya memberikan keterangan yang jelas dan memberikan signifikasinya yang jelas secara transparan kepada masyarakat. Ketika masyarakat hanya bisa berasumsi mengenai penting tidaknya sumbangan tersebut. apapun konspirasi yang ada akibat ketidaktransparanan ini semoga memiliki muara yang baik untuk perkembangan perekonomian masyarakat Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar