Kamis, 25 Mei 2023

Mewujudkan Kendal Smart City

 

Era sekarang, masyarakat dunia sudah dapat dikategorikan ke dalam Revolusi Industri 4.0. Kondisi ini mengacu pada transformasi yang sedang terjadi di sektor industri dan masyarakat secara luas sebagai hasil dari pengembangan teknologi digital, konektivitas internet dan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Revolusi Industri 4.0 membawa konektivitas yang luas antara perangkat dan sistem Internet of Things (IoT). Selain itu, artificial intelligence (AI) juga menjadi bagian penting dari Revolusi Industri 4.0 karena dapat memproses dan menganalisis data besar untuk mengambil keputusan secara efektif.

Kondisi ini menstimulus lahirnya konsep smart city alias kota cerdas. Smart city merupakan sebuah konsep pengembangan kota yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk meningkatkan kualitas hidup dan efisiensi layanan publik di kota tersebut. Tujuan dari smart city adalah untuk menciptakan kota yang lebih efisien, berkelanjutan, aman dan berdaya saing tinggi. Kota ini juga memfokuskan untuk penggunaan analisis data, AI dan IoT untuk mengoptimalkan layanan publik seperti transportasi, manajemen limbah, ketersediaan air bersih, keamanan publik, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya unggul dari sisi kecanggihan teknologinya, smart city juga mendorong partisipasi aktif warga dan pemangku kepentingan lainnya dalam pengambilan keputusan dan pengembangan kota. Dengan mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi warga, smart city diprediksi dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat. Beberapa konsep smart city yang berhasil ada di dunia adalah seperti Singapura, Seoul, Barcelona, Tokyo, Kopenhagen, Dubai dan New York City. Seperti diketahui, untuk mewujudkan smart city dibutuhkan elemen keterikatan antara ketersediaan infrastruktur publik pendukung, dunia industri dan sumber daya manusia (SDM). Lalu, apakah Kabupaten Kendal memiliki potensi tersebut?

Potensi Kabupaten Kendal

Seperti diketahui, Kabupaten Kendal, yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, tersebut memiliki potensi pada sektor agribisnis, kawasan industri modern, pariwisata, pelatihan, konservasi alam serta kewirausahaan dan industri kreatif. Dengan pengembangan potensi-potensi ini, Kabupaten Kendal memiliki peluang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan menjadikan kendal sebagai daerah yang lebih berdaya saing di tingkat regional maupun nasional.

Dari segi industri startup digitalnya, Kendal juga mulai diperhitungkan di kancah nasional. Beberapa startup dengan valuasi tinggi kini bermunculan dan berpengaruh pada peta inovasi Indonesia. Hal ini tentu menjadi sebuah hal yang perlu diapresiasi. Dari cikal bakal inilah, potensi SDM Kendal dari sisi teknologi digital menjadi sumber kekuatan di masa depan. Bahkan potensi SDM yang dipadukan dengan sumber daya potensial lainnya akan mampu mewujudkan Kendal sebagai smart city.

Implementasi di Kendal

Berdasarkan konsepsi di atas, implementasi smart city di Kabupaten Kendal dapat dikonstruksikan melalui pembangunan infrastruktur digital, yang di dalamnya penguatan jaringan internet yang cepat dan luas, serta peningkatan konektivitas di seluruh wilayah Kendal. Selanjutnya, Kabupaten Kendal harus bekerja sesuai dengan data. Artinya, sensitivitas terhadap big data harus ditekankan dalam merumuskan sebuah kebijakan. Dari sisi transportasi juga perlu dikembangkan sistem transportasi cerdas untuk mengoptimalkan mobilitas di Kabupaten Kendal.

Aspek terpenting lainnya adalah adanya sistem E-Government yang di dalamnya terdapat portal online, aplikasi mobile dan platform elektronik lainnya untuk memudahkan interaksi antara pemerintah dan masyarakat. Sistem ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan transparansi dalam implementasi layanan publik. Dari sisi keamanan warga juga perlu dilakukan pemantauan CCTV di titik-titik yang rawan kriminal. Selain itu juga perlu dibuat sistem peringatan dini dan penggunaan teknologi untuk mengelola keadaan darurat. Sekali lagi, tujuan dibangunnya sebuah smart city di Kabupaten Kendal adalah untuk menciptakan lingkungan perkotaan yang lebih efisien, berkelanjutan, aman, nyaman dan berdaya saing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar